Resep Masakan

3 Resep Olahan Telur Praktis

 

3 Resep olahan telur praktis ini wajib dicoba. Meskipun bahannya gak banyak, masaknya juga kilat, tapi rasanya tetap enak. Semua resep olahan telur ini aku lihat di YT Chef Devina Hermawan. Berikut resepnya ya:

 

  1. Fluffy Omelette Souffle Eropa

Resep Fluffy Omelette Souffle Eropa

Bahan:

3 butir telur

Gula, garam, merica sesuai selera

Keju mozarella sesuai selera

Minyak goreng secukupnya

 

Cara membuat:

  1. Pisahkan kuning dan putih telur di wadah yang berbeda.
  2. Beri sedikit gula di putih telur, lalu kocok hingga mengembang, namun tidak terlalu kaku. Dapat menggunakan mixer atau whisk.
  3. Kocok kuning telur secara merata.
  4. Campurkna sedikir demi sedikit putih telur yang sudah dikocok ke dalam kuning telur. Aduk perlahan.
  5. Panaskan pan. Gunakan api kecil/sedang lalu beri sedikit minyak.
  6. Goreng telur lalu tutup. Masak hingga bagian bawah sudah mulai kecoklatan.
  7. Taburkan garam, merica dan keju mozarella.
  8. Masak sebentar, lalu lipat omelette.

 

 

 

Hasilnya enak, lembuut, jadi seperti makan kue haha. Makin mantap dengan keju mozarellanya. Yang belum pernah cobain fluffy omelette, cobain deh bikin ini. Cuma anak-anakku tetap lebih suka versi omelette biasanya sih, dimakannya dengan saus tomat dan saus sambal.

Baca juga: Resep Buttermilk Fluffy Pancake

 

2. Oseng Tahu Telur

 

 

Resep Oseng Tahu Telur

Bahan:

400 gr tahu putih

4 butir telur

3-4 cabai rawit, iris

3 sdm kecap asin

2 sdm garlic oil

4 1/2 sdm kecap manis

4 sdm minyak goreng

 

Cara membuat:

1. Tahu dipotong bentuk dadu, masukkan dalam wadah.

2. Kocok lepas telur, tuangkan ke dalam tahu.

3. Panaskan minyak, tuang tahu. Masak hingga luarnya kecokelatan.

4. Masukkan cabai rawit.

5. Bumbui dengan garlic oil, kecap asin dan kecap manis, masak hingga bumbu meresap.

6. Oseng tahu telur siap disajikan.

 

 

 

resep olahan telur praktis

 

Tahunya gak usah digoreng dulu, jadi langsung dicampur aja sama telurnya. Praktis! Awalnya agak ragu juga sih, kok bumbunya cuma pakai kecap manis dan kecap asin doang. Apa enak? Ternyata enak kok! Garlic oilnya bikin gurih sedap (*jangan di skip ini), apalagi ada irisan cabe rawitnya juga ya. Cuma kalau masak untuk anak-anak yang gak bisa makan pedas, skip aja cabe rawitnya.

 

Resep garlic oil :

Bahan:

8 siung bawang putih, cincang halus

2 cm jahe, parut ( ini aku skip )

100 ml minyak goreng

Garam sesuai selera

 

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak di api kecil
  2. Masukkan bawang putih dan jahe (ini aku skip), masak hingga kekuningan tapi gak gosong
  3. Tambahkan sedikit garam
  4. Simpan di toples yang bersih dan kering agar garlic oil tetap awet.

 

Untuk garlic oilnya, aku gak pake jahe ya biar bisa dipakai untuk semua masakan. Garlic oil ini cocok dipakai buat nasi goreng, mie goreng, aneka tumisan dll.

 

3. Nasi Telur Hongkong

 

 

Resep Nasi Telur Hongkong (untuk 1 porsi)

Bahan:
1 porsi nasi putih
2 butir telur
1 sosis
3 siung bawang merah
4 cabai rawit
½ sdt garam
¼ sdt merica
3 sdm minyak goreng

Bahan saus:
1 sdm saus tiram
2 sdt kecap asin
2 sdt kaldu ayam bubuk
1 sdm maizena
200 ml air
1 sdt gula
2 sdt margarin

Chili oil (opsional)  *ini aku gak pakai

1 batang daun bawang

Cara membuat:
1. Iris bawang merah dan cabai rawit
2. Iris tipis sosis memanjang
3. Panaskan minyak, tumis bawang merah, cabai rawit, dan sosis hingga wangi
4. Bumbui dengan garam dan merica, matikan api
5. Kocok lepas telur, tuang ke tumisan sosis selagi wajan masih panas. Masak hingga telur setengah matang atau sesuai selera
6. Siapkan nasi putih, letakkan telur di atasnya
7. Untuk saus gravy, campurkan air, maizena, saus tiram, kecap asin, kaldu ayam bubuk, dan gula ke dalam mangkuk. Aduk rata
8. Panaskan wajan, tuangkan campuran saus, aduk
9. Tambahkan margarin, masak hingga mengental
10. Siram saus gravy di atas telur. Sajikan dengan daun bawang iris dan chili oil

 

Bikinnya super kilat nih!

Sering sih biasanya bikin sosis dan telur dicampur, tapi gak pernah pakai saus seperti ini, paling-paling ya makannya pakai saus tomat dan saus sambal aja.  Ini sausnya memang bikin nasi telur Hongkong ini  makin nikmat!

 

Telur memang bisa diolah jadi beragai variasi masakan ya, ini cuma tiga diantaranya. Kalau teman-teman biasanya dimasak apa? selain telur didadar, direbus, dan dibuat telur ceplok ya 😀

 

 

 

54 Comments

  1. Jiah Al Jafara July 20, 2020
    • Lianny July 22, 2020
  2. Nurul Sufitri July 20, 2020
    • Lianny July 22, 2020
  3. Dzulkhulaifah July 20, 2020
    • Lianny July 22, 2020
  4. Alfa Kurnia July 20, 2020
    • Lianny July 22, 2020
  5. NurulRahma July 20, 2020
    • Lianny July 22, 2020
  6. Ruli retno July 20, 2020
    • Lianny July 22, 2020
  7. Siti Nurjanah July 21, 2020
    • Lianny July 22, 2020
  8. Evi July 21, 2020
    • Lianny July 22, 2020
  9. Elly Nurul July 21, 2020
    • Lianny July 22, 2020
  10. Meykke Santoso July 22, 2020
    • Lianny July 22, 2020
  11. Elly Nurul July 22, 2020
  12. Nanik Nara July 22, 2020
    • Lianny July 22, 2020
  13. Widyanti Yuliandari July 22, 2020
    • Lianny July 22, 2020
  14. Lina W. Sasmita July 22, 2020
    • Lianny July 22, 2020
  15. Milda Ini July 22, 2020
    • Lianny July 24, 2020
  16. Keluarga Nawra July 22, 2020
    • Lianny July 24, 2020
  17. Emak Cantik July 22, 2020
    • Lianny July 24, 2020
  18. Dyah Kusuma Susanti July 22, 2020
    • Lianny July 24, 2020
  19. Dedew July 22, 2020
    • Lianny July 24, 2020
  20. Eri Udiyawati July 22, 2020
    • Lianny July 24, 2020
    • April Hamsa July 22, 2020
    • Lianny July 24, 2020
  21. Hidayah Sulistyowati July 22, 2020
    • Lianny July 24, 2020
  22. Hidayah Sulistyowati July 22, 2020
  23. lendyagasshi July 22, 2020
    • Lianny July 24, 2020
  24. indah nuria July 22, 2020
    • Lianny July 24, 2020
  25. Lisdha July 23, 2020
    • Lianny July 24, 2020
  26. diane July 25, 2020
    • Lianny July 26, 2020
  27. Dhani August 7, 2020

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.