Resep Masakan

3 Resep Menu Sarapan Sederhana, Enak, Mudah dibuat

 

Pagi hari itu waktu yang riweuh banget ya bagi ibu-ibu, apalagi bagi yang punya anak kecil yang mau berangkat sekolah.

Dari membangunkan si anak, menyiapkan sarapan, sampai mengantar anak sekolah. Belum lagi kalo ada insiden kecil, tau-tau dasi atau topi sekolah hilang, kaos kaki cuma ada sebelah, sebelahnya juga kabur entah kemana. Wuuuah, kebayang kan ribetnya.

Agar pagi hari nggak terlalu heboh, menu sarapan yang membutuhkan waktu memasak lama bisa dimasak malam hari (misalnya: rawon atau ayam kecap), atau masak yang praktis aja di pagi harinya seperti tumis sayur atau sayur bening yang masaknya lumayan cepet.

Baca: Tips Menghindari Keributan Kecil di Pagi Hari

Nah, kali ini aku mau share 3 resep menu masakan dari xanderskitchen yang bisa dicoba kalo teman-teman hanya punya sedikit waktu untuk memasak. Masakan sederhana, gampang dibuat, bikinnya cepat, tapi rasanya tetap enak kok.

Aku sudah cobain resepnya, tanpa tambahan cabe karena anak-anak nggak suka pedes. Kali ini nggak ada step by step nya, foto juga rada gelap maklum masaknya subuh, motretnya juga asal deh, sekali jepret aja πŸ˜€

Baca: Resep Omelet Mie Sederhana

 

Ini 3 Resep Menu Sarapan Sederhana, Enak, Mudah dibuat

 

1. Nasi goreng

 

3 resep menu sarapan sederhana enak mudah dibuat - nasi goreng

 

Nah, ini menu sejuta umat katanya *eh kok cuma sejuta ya haha

Anak-anak suka makan nasi goreng, aku juga suka. Itu makanan favorit waktu kuliah dulu, belinya di abang β€˜duk duk’ yang lewat depan kost. Sekarang aku seringnya malah bikin sendiri di rumah untuk anak-anak.

Bikin nasi goreng menurutku enak pake nasi yang β€˜nginap’, jadi masak nasi malam, besoknya baru dibikin nasi goreng. Kalo masak nasi pagi, terus langsung dibikin nasi goreng kok menurutku terlalu lembek nasinya, jadi bikin β€˜mblenek’ (duh, maaf, apa ya ini bahasa indonesianya?? ya rasanya perut jadi nggak enak, seperti itu lah :D)

Aku biasanya bikin nasi goreng, bawangnya diuleg dulu, nah kali ini nyobain bawangnya cuma diiris-iris aja. Nggak pake saus tomat/tomat juga. Jadi lebih praktis dan menghemat waktu. Bisa dibilang ini nasi goreng sederhana, eh tapi rasanya enak loh. Cobain, deh.

 

Resep nasi goreng

Bahan:

1 piring nasi putih dingin

1 butir telur

2 siung bawang putih, iris halus

2 buah bawang merah, iris halus

1 buah cabe keriting merah, iris serong

Kecap manis, kecap asin, garam secukupnya

 

Cara membuat:

  1. Tumis bawang merah, bawang putih dan cabe sampai harum. Masukkan telur, beri sedikit kecap manis dan garam. Aduk.

2. Masukkan nasi putih. Aduk. Tambahkan kecap asin, kecap manis dan garam. Koreksi rasa.

3. Masak sambal terus diaduk sampai nasi agak kering. Angkat. Sajikan.

 

2. Telur ceplok kecap

 

3 resep menu sarapan sederhana enak mudah dibuat - telur ceplok kecap

 

Telur itu wajib ada deh di rumahku. Biasanya aku pakai telur ayam kampung, beli di bapak penjual sayur langgananku. Telur tuh dimasak jadi telur dadar, telur ceplok, atau telur rebus semuanya enak, apalagi kalo diolah jadi aneka menu masakan lainnya, pasti tambah nikmat lagi.

Kalo lagi nggak ada sayur atau daging yang bisa dimasak buat sarapan anak-anak sebelum berangkat sekolah, tinggal masak telur aja deh.

Nah, ini aku masak telur ceplok kecap. Bedanya dengan telur ceplok dikasih kecap apa? Yaaa, miriplah, ini versi ribetnya dikiiiiit, buat variasi aja 😊

 

Resep telur ceplok kecap

Bahan:

5 butir telur

6 butir bawang putih

3 siung bawang putih

Kecap manis, kecap asin, garam, gula dan air secukupnya.

 

Cara membuat:

  1. Iris-iris bawang merah dan bawang putih.

2. Buat telur ceplok/telur mata sapi. Sisihkan.

3. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai layu dan harum, tambahkan kira-kira 1 sdm kecap manis dan kecap asin. Tambahkan air.

4. Masukkan telur, beri garam dan gula secukupnya. Koreksi rasa.

5. Masak sampai mendidih dan kuah meresap ke telur. Sajikan.

 

3. Sosis asam manis

 

3 resep menu sarapan sederhana enak mudah dibuat - sosis asam manis

 

Sosis tuh kesukaan anak-anak, cuma memang nggak sering amat sih masak sosis ini, sebulan cuma beberapa kali aja. Biasanya kugoreng dengan telur atau bikin sosis asam manis. Anak-anak suka, cuma bawang bombay nya nggak mau, jadi lah mamanya ini yang makan bawang bombay nya, anak-anak makan sosisnya hahaha.

Akhirnya tiap kali bikin lagi, aku nggak pake bawang bombay. O ya cabe bisa di skip kalo nggak mau pedas ya. Sosisnya bisa sosis ayam atau sosis sapi, sesuai selera aja, sama enaknya kok.

 

Resep sosis asam manis

Bahan:

1 bungkus sosis ayam

Β½ buah bawang bombay, iris kasar

1 siung bawang putih cincang

2 buah cabe merah keriting, iris serong

2 sdm saus tomat

1 sdm kecap manis

1 sdm kecap inggris

Garam, gula, merica dan air secukupnya

Larutan maizena untuk mengentalkan

 

Cara membuat:

  1. Potong-potong sosis

2. Panaskan minyak, tumis sosis sebentar. Masukkan bawang bombay, bawang putih dan cabe. Tumis sampai harum.

3. Tambahkan saus tomat, kecap manis, kecap inggris, garam, gula, merica dan air secukupnya.

4. Masak sampai mendidih dan air menyusut. Koreksi rasa.

5. Tambahkan larutan maizena, masak sampai saus mengental.

6. Angkat. Sajikan.

 

Gampang, kan?

Meskipun masakannya sederhana, tapi rasanya enak. Yuk, cobain!

 

45 Comments

  1. Fanny F Nila January 10, 2019
    • Lianny January 11, 2019
  2. Dian Farida Ismyama January 11, 2019
    • Lianny January 11, 2019
  3. Keke Naima January 11, 2019
    • Lianny January 11, 2019
  4. Ernawati Lilys January 11, 2019
    • Lianny January 11, 2019
  5. Rach Alida January 11, 2019
    • Lianny January 11, 2019
  6. Ruli retno January 11, 2019
    • Lianny January 11, 2019
  7. Nathalia DP January 11, 2019
    • Lianny January 11, 2019
  8. Kanianingsih January 11, 2019
    • Lianny January 11, 2019
  9. HM Zwan January 11, 2019
    • Lianny January 11, 2019
  10. Ophi Ziadah January 11, 2019
    • Lianny January 14, 2019
  11. DudukPalingDepan January 11, 2019
    • Lianny January 14, 2019
  12. Ririe Khayan January 12, 2019
    • Lianny January 14, 2019
  13. Indah Juli January 12, 2019
    • Lianny January 14, 2019
  14. Tian lustiana January 12, 2019
    • Lianny January 14, 2019
  15. Ophi Ziadah January 12, 2019
    • Lianny January 14, 2019
  16. Lina W. Sasmita January 12, 2019
    • Lianny January 14, 2019
  17. Lina W. Sasmita January 12, 2019
    • Lianny January 14, 2019
  18. Syarifani Mulyana January 13, 2019
    • Lianny January 14, 2019
  19. Hastira January 16, 2019
  20. Tuteh January 19, 2019
  21. Irvan Manalu January 21, 2019
  22. Keke Naima February 3, 2019
  23. emakmbolang.com February 4, 2019
    • Lianny February 6, 2019
  24. Lusi February 5, 2019
    • Lianny February 6, 2019
  25. Helena February 18, 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.